Prinsip penyusunan visi, misi, dan tujuan sekolah
disesuaikan dengan Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah 2022,
dengan konten mengikuti Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022, khususnya dalam
pasal 5 dan 7, dan disesuaikan
dengan karakteristik sekolah serta pendapat para pemangku kepentingan.
A. VISI SEKOLAH
Terwujudnya lulusan yang beriman,
bertakwa, berakhlak mulia; berkarakter Pancasila; berkompetensi literasi dan
numerasi; serta berwawasan lingkungan.
Indikator Visi:
Terwujudnya lulusan SMP Negeri 1 Kawunganten yang :
B. MISI SEKOLAH
- Mewujudkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Mewujudkan lulusan yang berakhlak mulia
- Mewujudkan lulusan yang berkebhinekaan global
- Mewujudkan lulusan yang bergotong royong
- Mewujudkan lulusan yang mandiri
- Mewujudkan lulusan yang bernalar kritis
- Mewujudkan lulusan yang kreatif
- Mewujudkan lulusan yang memiliki kompetensi literasi
- Mewujudkan lulusan yang memiliki kompetensi numerasi
- Mewujudkan lulusan yang berwawasan lingkungan
3. Tujuan Sekolah
Pada akhir fase D, tercapainya 90 % peserta didik SMP Negeri 1
Kawunganten memiliki sikap dan perilaku :
a.
Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan,
b.
Berdoa sebelum dan setelah melaksanakan pembelajaran,
c.
Menerapkan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di sekolah,
d.
Menepati janji dan tata tertib peserta didik yang telah disepakati,
e.
Menerapkan toleransi terhadap keberagaman peserta didik,
f.
Menghargai dan menghormati keragaman budaya,
g.
Berpartisipasi aktif untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,
h.
Terbiasa peduli,
i.
Kemampuan bergotong royong di lingkungan sekitar,
j.
Terbiasa bertanggung jawab dan berkomitmen untuk meraih tujuan,
k.
Mampu beradaptasi terhadap segala perubahan,
l.
Mengidentifikasi dan menganalisis informasi yang relevan,
m.
Mampu memberikan alternatif solusi yang paling tepat,
n.
Menghasilkan gagasan yang inovatif dan kreatif,
o.
Terbiasa mencari alternatif tindakan dalam menghadapi tantangan baru,
p.
Menunjukkan kemampuan dan kegemaran berliterasi yang sederhana,
q.
Menyampaikan tanggapan atas informasi,
r.
Mampu menulis pengalaman dan pemikiran dengan konsep sederhana,
s.
Menunjukkan kemampuan
numerasi dalam bernalar menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika
untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan diri, lingkungan terdekat,
dan masyarakat sekitar,
t.
Berinisiatif menjaga kelestarian alam,
u.
Melaksanakan program “pengolahan sampah”,
v.
Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat,
w.
Melaksanakan program 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Replant) yang dicanangkan sekolah.