NEWS UPDATE :  

Berita

Cintai Lingkungan, Gerakan Penghijauan SMP Negeri 1 Kawunganten

SMP Negeri 1 Kawunganten adalah satu-satunya Sekolah Adiwiyata di Kecamatan Kawunganten. Sekolah Adiwiyata merupakan salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Menjadi Sekolah Adiwiyata berarti setiap warga sekolah diharapkan dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat supaya terhindar dari dampak lingkungan yang negatif. Tujuan Program Sekolah Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang nyaman bagi warga sekolah (guru, karyawan, murid dan pekerja lainnya), untuk turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan sekolah dan sekitarnya.



Untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan maka diperlukan model pengelolaan sekolah yang mendukung dilaksanakannya pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah. SMP Negeri 1 Kawunganten memiliki beberapa program untuk mencapai sekolah Adiwiyata. Pertama, menyusun kurikum sekolah berbasis lingkungan, diwujudkan dengan menyusun silabus, RPP dan pengembangan model pembelajaran yang memuat Pendidikan Lingkungan Hidup dan berwawasan lingkungan.

Kedua, melakukan kegiatan untuk menciptakan sekolah bersih dan sehat. Kegiatan ini diwujudkan dengan melaksanakan kerja bakti, memungut dan membuang sampah di tempatnya, mengurangi produksi sampah, serta menghemat sumber daya (air, listrik, alat tulis, dsb).  Sekolah juga mengadakan gerak jalan sehat dan kebersihan lingkungan sekolah secara bergantian setiap hari jum’at. Siswa juga diberdayakan untuk membuat slogan-slogan, poster, karya tulis, majalah dinding yang memuat adiwiyata serta menunjuk beberapa siswa menjadi duta adiwiyata sebagai motor penggerak di setiap kelas.

Program yang ketiga, yakni pengadaan dan perawatan tanaman sekolah. Kegiatan ini diwujudkan dengan membuat green house, lahan terbuka hijau, dan mengadakan pelatihan tabulampot (tanaman buah dalam pot) dan memberi label pada tanaman.



Keempat, sekolah juga mengadakan program pengelolaan dan pemanfaatan sampah. Hal ini dilakukan dengan cara melaksanakan pendidikan atau pelatihan membuat karya dari barang-barang bekas/habis pakai, pelatihan pengolahan sampah, dan lomba pemanfaatan barang bekas.


                                                                                          Penulis : Dewi Y

Berita Terbaru

2018 KU TOREHKAN PRESTASI DI SINI

2018 KU TOREHKAN PRESTASI DI SINI