NEWS UPDATE :  

Berita

Keripik Ares Pisang, Produk Inovatif Adiwiyata Espensaka

Hai kawan – kawan , perkenalkan kami anggota duta adiwiyata SMP N 1 Kawunganten

Kali ini kami akan membahas tentang produk inovatif adiwiyata sekolah kita yang telah dipamerkan saat acara Hari Lingkungan Hidup ke-45, tanggal 5 Oktober 2017 di gedung DLH Kabupaten Cilacap. Ada beberapa produk yang dipamerkan, selain produk dari barang bekas yang didaur ulang, kami juga membuat produk inovatif berupa makanan ringan  yakni keripik ares pisang .

Ares pisang merupakan lapisan paling dalam (inti) batang pohon pisang. Bagian batang pohon pisang ini biasanya dianggap sampah oleh masyarakat sekitar. Berangkat dari hal itu, kemudian muncul pertanyaan, bagaimana cara memanfaatkan sesuatu yang diabaikan menjadi produk yang bermanfaat? Nah, tercetuslah ide untuk membuat produk berupa makanan ringan yang berasal dari batang pohon pisang tersebut.

Keripik ares pisang merupakan salah satu makanan yang belum dikenal banyak orang. Keripik ares pisang memiliki rasa yang enak dan gurih. Untuk membuat keripik ares pisang ini tidak terlalu sulit. Ares yang digunakan bukan sembarang ares pisang, tetapi salah dari  ares pisang klutuk dan kapok. Mengapa demikian? Karena ares pisang ini memiliki rasa yang berbeda dari jenis ares pisang lainnya, ares pisang ini selain aromanya sedap, jika di jadikan keripik juga tidak sepat di lidah.

Cara pembuatannya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya :

1.      Iris ares pisang menjadi tipis-tipis.

2.      Rendam dengan air kapur, supaya getah-getahnya hilang.

3.      Bilas 2-3 kali dengan air bersih.

4.      Campur bumbu ke dalam tepung (tepung aci dan tepung terigu )

5.      Tambahkan air ke dalam tepung, ingat jangan sampai terlalu encer atau terlalu kental.

6.      Masukkan ares pisang ke dalam tepung.

7.      Siapkan 2 wajan serta minyak, wajan pertama untuk menggoreng ares pisang setengah jadi, sedangkan wajan kedua untuk mematangkan ares pisangnya.

8.      Bila sudah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.

9.      Beri bumbu tabur rasa balado, pedas masnis, maupun original sesuai selera.

 

Nah, dari sesuatu yang terihat sederhana dan kurang bermanfaat, ternyata bisa kita sulap menjadi makan yang lezat. Maka dari itu, kami Duta Adiwiyata bersama Osis SMP Negeri 1 Kawunganten akan mencoba memproduksi produk-produk makanan inovatif lainnya untuk kedepannya. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Dan alhamdulillah sekolah kita menjadi sekolah dengan pengunjung terbanyak pada acara pameran itu. Banyak pengunjung antusias mengunjungi stand pameran kami dan banyak memberikan apresiasi positif.

Sekian yang dapa kami informasikan ke teman-teman…  :)


                                                   Penulis : Oldry J.D dan Hersinta F.D

                                                   Editor : Dewi Y

Berita Terbaru

2018 KU TOREHKAN PRESTASI DI SINI

2018 KU TOREHKAN PRESTASI DI SINI